Cara Flash Router Mr3220 v2 ke Openwrt

Sebelum masuk ke langkah-langkah cara flash router Mr3220 v2 dengan firmware Openwrt silahkan baca artikel KabaTekno sebelumnya Persiapan Sebelum Flash Router ke Openwrt .


Disitu dijelaskan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum flash router dengan firmware Openwrt, mulai dari dimana alamat download firmware, versi apa yang harus didownload dan aplikasi pendukung apa yang harus di install ke PC yang akan digunakan untuk setting  pertama kali nantinya setelah router selesai di flash ke Openwrt.

Tutorial ini tidak hanya untuk Mr3220 v2 saja, namun bisa diterapkan pada roeuter merk lain, asalkan firmware yang digunakan sesuai dengan merk dan versi router. KabaTekno akan menggunakan firmware Chaos Calmer 15.05. Firmware ini adalah versi stabil terbaru saat artikel ini ditulis. Berikutnya KabaTekno akan langsung masuk ke cara flash router Mr3220 v2 ke Openwrt dengan firmware Chaos Calmer 15.05. Harap langkah-langkah ini dijalankan dengan hati-hati satu persatu. 
Do it with your own risk, semua kerusakan pada router karena kelalaian Anda, menjadi tanggung jawab Anda sendiri. 
1.Nyalakan  Komputer / Laptop Set IP Komputer jadi 192.168.1.2 (static), nyalakan router.


2.Buka browser dan login ke router dengan mengetikkan IP 192.168.0.1 ( IP router bawaan pabrik, untuk Mr3220 )

3.Kembalikan router ke settingan pabrik dengan cara ,klik System Tool selanjutnya klik Factory Default. Tunggu proses pengembalian router ke settingan pabrik.


4.Klik Firmware Upgrade , browse firmware factory.bin yang sudah didownload sebelumnya (contoh : openwrt-15.05-ar71xx-generic-tl-mr3220-v2-squashfs-factory.bin )


5.Selanjutnya klik Upgrade, proses flash firmware akan berjalan. Pada saat proses upgrade / flash firmware berjalan jangan menekan tombol apa pun dan jangan sampai router atau listrik padam karena apabila router atau listrik padam saat proses flash berjalan akan mengakibatkan router brick dan gagal flash. Walaupun proses flash ini hanya memakan waktu +- 4 s/d 5 menit, gunakan UPS untuk berjaga jaga apabila listrik tiba-tiba padam.

6.Selanjutnya akan muncul halaman dengan alamat http://192.168.1.1/cgi-bin/luci . Pada tahap ini router Anda sudah berhasil di flash / upgrade ke Openwrt.
7.Klik Login tanpa mengisikan password, maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah. Anda akan masuk ke halaman System > Administration untuk set password pertama kali.



    Sebelum bisa digunakan maka diperlukan setting untuk pertama kali setelah router di flash ke firmware Openwrt. Silahkan baca artikel berikut :

    http://kabatekno.blogspot.co.id/2015/12/cara-flash-router-mr3220-v2-ke-openwrt.html

    Comments

    Popular posts from this blog

    Cara Membuat Rankaian Lampu Led untuk Mengganti Lampu Rem Motor

    Cara Mengatasi Format File CSV yang Tidak Teratur di Microsoft Offices Excel

    Cara Bikin Lampu Led Untuk Lampu Utama Motor