Cara Membuat Rankaian Lampu Led untuk Mengganti Lampu Rem Motor

Inilah saatnya bagi saya untuk membahas tentang cara membuat rangkaian lampu LED untuk motor yg mana hal ini mungkin akan berguna bagi anda yang ingin membuat motornya tampil keren dan berbeda dengan motor-motor lainnya.

Cara Membuat Rangkaian Lampu LED untuk motor

Mungkin saja ada pertanyaan mengapa mesti ditukar lampu LED? Bila saya pribadi argumen ganti lantaran lampu rem motor kerap putus, mungkin saja lantaran siang malam lampu senantiasa on. Argumen ke-2 lampu LED lebih irit listrik & tidak keluarkan panas hingga ramah lingkungan dengan part motor. Diluar itu lampu LED lebih cepat menyala hingga pas untuk lampu rem yg berperan memberi tahu pengendara-pengendara dibelakang secepat-cepatnya, tidak seperti lampu bohlam umum yg ada delay untuk menyala. 

Berikut Cara Membuat Rangkaian Lampu LED Untuk Motor


Untuk membuat rangkaian lampu LED pertama komponen yang dipakai yang pasti lampu LED. lampu LED yg dipakai kesempatan ini yaitu lampu LED berwarna merah yg kacanya bening, lantaran type ini cahayanya lebih jelas :

Lampu LED terbagi dalam 2 kaki, kaki yg paling panjang adakah kaki positif yg nanti bakal kita sambungkan dengan sumberdaya yakni accu/aki. Lampu LED cuma perlu 3 volt untuk menyala, sedang aki sediakan daya 12volt. Bila LED dikaitkan segera ke aki, LED bakal rusak/mati lantaran keunggulan arus listrik. Oleh karenanya perlu resistor untuk menahan arus listrik, resistor yg dipakai kesempatan ini yaitu resistor yg bernilai 1 ohm, cirinya ada pada warna di body resistor yakni warna coklat, hitam, emas, emas.. :
Resistor juga umum dimaksud tahanan atau kendala, jadi fungsinya untuk menghalangi arus aki yg semula 12volt jadi 3volt hingga arus ideal untuk dikonsumsi ampu LED. 2 komponen inilah yg jadi komponen paling utama bikin rangkaian LED.
Satu diantara kaki resistor nanti dikaitkan dengan kaki postif (kaki panjang) LED1, setelah itu kaki pendek LED1 dikaitkan dengan kaki panjang LED2, demikian selanjutnya hingga 4 LED seperti gambar di bawah :
Jadi 1 LED 3 volt dikali 4 akhirnya 12 volt, cocok kan.. karena sebenarnya arus aki jg berubah-ubah apabila motor digerakkan, arus dapat kian lebih 12 volt oleh karenanya butuh ditahan oleh resistor 1ohm. 

Nah.. setelah itu kita mendesain wadah untuk lampu-lampu LED tersebut sesuai sama bentuk lampu belakang motor, misalnya untuk Yamaha scorpio seperti ini :
Media yang dipakai dapat terbuat dari plastik sisa, umpamanya spakbor tempat CDgame. Sesudah plastik itu dibuat.. lubangi plastik itu sesuai sama kotak-kotak hijau. Jadi 1 kotak hijau yaitu tempat untuk 1 rangkaian 4LED tadi serta sesuai sama gambar ada 8 kotak hijau, jadi kita perlu bikin 8 rangkaian 4LED. Untuk keseluruhnya kita perlu 32 lampu LED (satu lampu LED seharga lebih kurang Rp500). 

Bagaimana caranya memadukan 8 rangkaian 4LED? 

Saat ini tinggal buat dahulu rangkaian 4LED 8 buah selalu hubungkan lewat cara melilitkan 8 kaki resistor dengan 1 kabel warna merah & 8 Kaki LED dengan 1 kabel warna hitam seperti gambar di bawah :
Bila dapat gunakan solder, dapat pula menghubungkan kaki-kaki resistor serta kaki-kaki negative LED tadi dengan masing-masing satu kabel yg sudah dikelupas isolatornya seperti gambar di bawah, titik-titik biru yaitu timah hasil penyolderan.
Pengalaman kemarin-kemarin pada saat buat bila ingin disolder janganlah kelamaan manasin timah di kaki-kai LED lantaran LED dapat rusak. Langkah lain terkecuali di solder dapat jg di jepit dengan plat seng. Langkahnya gunting seng almunium sisa softdrink atau apa pun berupa persegi panjang, lengkungkan seperti lingkaran/tabung, input ke 2 kaki yang ingin disambung selalu jepit dengan tang seperti ini :
Gambar-gambar diatas hanya diagram serta contoh belum pasti aslinya berupa seperti itu, lantaran sebenarnya nanti LED-LED serta resistor-resistor itu kita rangkai di atas pola plastik tadi. Yang utama dari uraian di atas kita dapat tahu bagaimanakah lampu-lampu LED itu dapat menyala. 

Setelah nanti kaki-kaki 8 rangkaian 4LED tadi dikombinasi jadi 2 kabel selalu segera disambungkan ke aki maka bisa nyala?

Itulah pembahasan mengenai cara membuat rangkaian lampu LED untuk motor, semoga ini dapat berguna bagi kita semua khusunya bagi anda selaku pembaca artikel ini. Semoga berhasil






Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor? (Lanjutan)


Nah.. setelah seluruh rangkaian led di artikel sebelumnya selesai dikerjakan, kita pasangkan seluruh rangkaian led tersebut di reflektor lampu rem motor. Tapi sebelum dipasang buka dulu jok motor (scorpio) juga bodi samping dekat aki, selanjutnya buka mika lampu rem lalu cari lubang di reflektor untuk jalan keluar 3 kabel (merah, kuning, hitam) dari seluruh rangkaian led. kalo tidak ada lubang terpaksa reflektor dilubangi dengan obeng. lubang jangan terlalu besar juga ya kira2 cukup untuk 3 kabel kecil:
cara masukan kabel

Selanjutnya kita pelajari dulu sekilas tentang koneksi kabel2 di lampu rem,  lihat bagian belakang reflektor lampu rem biasanya ada 3 kabel:
-pertama kabel negatif, kabel ini biasanya langsung menempel di selongsong lampu rem, berwarna hitam (lihat gambar diatas)
-kedua kabel positif lampu senja rem. biasanya berwarna kuning, hijau, atau biru, tergantung jenis motor (di scorpio berwarna biru).
-ketiga kabel positif lampu rem. biasanya berwarna merah/orange tergantung jenis motor(di scorpio berwarna kuning). cara mengetahuinya gampang brosis, tinggal copot salah satu socket dibawah jok dekat lampu rem selain socket kabel berwarna hitam. misalnya socket kabel warna merah, lalu kita injak pedal rem. jika lampu rem tidak menyala maka bisa dipastikan kabel warna merah adalah kabel positif lampu rem, dan kabel terakhir adalah kabel positif lampu senja.

Sekarang kita fokus untuk kabel ketiga ini yaitu kabel positif lampu rem. dari lampu belakang kabel ini terhubung dengan saklar rem dan dari saklar rem terhubung dengan kutub positif aki. coba lihat gambar dibawah ini & perhatikan kabel warna merah:

scema acu

Jadi apabila pedal rem diinjak saklar rem akan terhubung dan lampu rem pun menyala. sesuai gambar diatas juga ada 2 socket dekat saklar rem, jika masbrosis pernah membaca artikel sebelumnya yaitu cara memasang kipas pendingin  pasti kenal dengan gambar ini:

http://thepioz.files.wordpress.com/2012/10/20121025_120542b.jpg?w=300&h=225

ini adalah photo socket lampu rem bagian bawah, socket sebelah kiri adalah socket kabel yg menghubungkan dari lampu rem ke saklar rem dan socket sebelah kanan adalah socket yg menghubungkan dari saklar rem ke aki. seperti yg terlihat di photo socket sebelah kanan ada 3 kabel, yg menuju kedepan terhubung dengan kipas dan yang melengkung keatas adalah kabel untuk lampu senja rem. coba lihat skema gambar dibawai ini:

scema accu lampu led
cara masukan kabel

Hampir selesai ni masbrosis, terakhir ada 3 LANGKAH yg harus dilakukan:
-Sesuai gambar diatas kita hubungkan kabel yg melengkung keatas ini dengan kabel kuning seluruh rangkaian led.
-Pisahkan(copot)  socket kabel positif lampu rem dari lampu rem asli yg terletak dibawah jok, hubungkan dengan kabel merah seluruh rangkaian led.
-Sambungkan kabel hitam seluruh rangkaian led di socket kabel warna hitam dibawah jok juga tanpa memisahkan(mencopot) socket kabel (lihat gambar diatas).
Udah gitu doang sob?!
Udah selesai 95%bro..  cuma ada beberapa yg harus disesuaikan :mrgreen:. sesuai pengalaman setelah dipasang sesuai dengan 3 langkah diatas lampu masih terlalu terang, lampu senja juga terlihat masih terlalu terang. selain itu ketika motor di gas di rpm tinggi arus listrik akan bertambah yg bisa mengakibatkan lampu led putus. oleh karena itu kita butuh 2 jenis komponen lagi, jadi secara lengkap komponen2 yg digunakan:
– lampu led merah kaca bening 32 buah (harga kurang lebih 500 1 buah)
– lampu led warna biru atau putih 4 buah (untuk lampu penerangan plat motor harga kurang lebih 1000 1 buah).
– resistor 10hm  20 buah/secukupnya (harga kurang lebih 100 1 buah)
– kabel kecil warna hitam 2 meter (harga kurang lebih 500-1000 1 meter)
– kabel kecil warna merah 2 meter.
– kabel kecil warna kuning 2 meter.
– resistor 330 ohm 20 buah/secukupnya (warna 0range, orange, coklat, emas, harga kurang lebih 100 1 buah)
– Dioda IN 4001 2 buah (harga kurang lebih 100-500 1 buah)
Sambungkan 5 resistor & 3 resistor secara seri seperti ini:
rangkaian resistor 330 ohm.fla

Untuk penyambungan resistor kakinya kebalik jg gpp kok, untuk penampakan dioda bentuk sebenarnya seperti ini:

dioda

Nah masbrosis… Untuk dioda kaki positifnya ditandai lingkaran putih di badan dioda, jadi sesuai gambar diatas kaki positif dioda adalah kaki yang kanan. sambungkan kaki positif dioda dengan ujung kabel kuning dari seluruh rangkaian led (2 rangkaian 4 led), dan kaki negatifnya sambung ke kabel warna merah seluruh rangkaian led (6 rangkaian 4 led).

Agar cahaya lampu led sedikit berkurang kaki negatif dioda kita sambungkan dengan 3 rangkaian resistor 330 ohm, dan 5 rangkaian resistor 330 ohm kita sambungkan dengan kaki positif dioda.
untuk jelasnya perhatikan gambar ini:
led4+tahanan full2bgg

atau gambar setelah dipasang di wadah seperti ini:

skema led brake light_sambung positif_full

Setelah itu kaki rangkaian 3 resistor sambungkan dengan kabel kecil warna merah dan 5 rangkaian resistor sambungkan dengan kabel kecil warna kuning. Setelah itu baru kita sambungkan sesuai 3 LANGKAH DIATAS tadi. jika rangkaian terlalu redup ambil 1 resistor dari 3 & 5 rangkaian resistor tadi begitu juga sebaliknya jika terlalu terang tambahkan masing2 satu resistor 330 ohm.

Untuk penempatan 3 & 5 rangkaian resistor sebenarnya tidak terlalu mengikat. bisa saja ditempatkan dibawah jok dengan menambahkan kabel lagi antara 3 & 5 rangkaian resistor dengan kaki2 dioda. jadi sewaktu mengatur besar kecilnya cahaya led tidak perlu membuka mika lampu rem. o iya, sebelum mencoba harus kita nyalakan dulu kontak motor, atau jika hanya ingin menge-tes lampu bisa juga aki motor dicopot dulu. Jangan lupa sambungan kabel dan sambungan antara led diisolasi untuk menimalisir kabel terbuka dan jangan sampai ada kabel yg terbuka menyentuh rangka/bagian motor yg terbuat dari logam karena bisa merusak lampu led.

Yang terakhir jika kita ingin membuat lampu penerangan plat motor. tinggal buat lagi rangkaian 4 led warna putih atau biru dengan 1 resistor 1 ohm, sambungkan kaki resistor ke kaki positif dioda dan kaki lednya sambung ke warna hitam sama seperti kabel biru seperti gambar ini:


Untuk wadah lampu led jg tidak terlalu mengikat, tergantung kreatifitas kita dalam mendesain wadah lampu led ini. namun dari uraian diatas saya berharap masbrosis bisa dengan mudah membuatnya. setelah bisa membuat lampu rem dengan led ini pasti brosis bisa membuat dengan desain lain seperti desain vario techno cbs misalnya:
skema led brake light cbs iddle2

Untuk lampu motor ini sebenarnya hampir sama yaitu penempatan lampu senja ditengah yg berbentuk segitiga namun dengan lampu rem disamping sisi kanan kirinya. berilah pemisah atau semacam sekat disamping kanan dan kiri lampu senja-nya agar cahahaya lampu senja tidak tembus ke samping.

Gimana masbrosis bisa kan? jika ada pertanyaan jangan ragu2 untuk bertanya, saya bantu sebisanya. jika masbrosis sudah bisa membuat lampu rem, pasti bisa juga dong membuat lampu led lain untuk motor, mengganti lampu speedometer dengan rangkaian lampu led buatan sendiri misalnya.. :)

20140130_203134

Sesuai pengalaman saya juga sudah dua kali ganti wadah rangkaian led, & untuk penampakan waktu siang:

lampu led rem pio

Penampakan waktu malam:

20140130_203258

Sumber referensi artikel link 1 & link 2

Comments

  1. Tanya gan, kalau led warna biru pas ketutup stoplamp merah bukannya warnanya ndak ketara? (Waktu dipakai siang hari) saya pengalaman pakai led rem model jagung warna biru (injak rem kedip modelnya). Nah itu pas siang hari malah ndak kelihatan.
    Tapi sarannya agan pakai led putih ap biru 4 buah (12v) kl kisaran pake warna lain yg kelihatan it rangkaiannya sama nda? Soalny sy lihat voltasenya beda" jika beda warna.
    Trims

    ReplyDelete
  2. Itu nama bolham led nya apa ya gan..???

    ReplyDelete

  3. Makasih Gan Jadi tercerahkan nih bagi saya seorang Pemula yang baru belajar

    Dunia Elektronika

    ReplyDelete
  4. Kalo untuk lampu rem running gimana caranya??

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Format File CSV yang Tidak Teratur di Microsoft Offices Excel

Cara Bikin Lampu Led Untuk Lampu Utama Motor